Cara Cepat Mengatasi Hidung Tersumbat, Bisa Kamu Coba di Rumah!

Cara Cepat Mengatasi Hidung Tersumbat, Bisa Kamu Coba di Rumah!

Sultan4D Hongkong Pools – Flu memang bukan penyakit berat. Namun, efeknya mengganggu kehidupan anda sehari-hari. Siapa sih yang gak sebal saat hidung anda tersumbat?

Bernapas jadi susah dan suara jadi sengau. Calm down, kamu dapat mengatasinya dengan mudah. Cara-cara simpel ini manjur guna singkirkan hidung tersumbat. Catat yuk!

1. Mandi dengan air hangat

Orang tua menganjurkan kita guna mandi air hangat bila sedang merasa gak enak badan. Rupanya, tersebut juga berlaku saat kita merasakan hidung tersumbat! Uap dari air hangat menolong menipiskan lendir di hidung dan meminimalisir peradangan, tutur laman Health Line. Setelahnya, anda akan merasa hidungmu akan tidak banyak lega.

Cara lainnya ialah dengan membubuhkan air panas di wadah, lalu mencium uapnya. Biarkan uap terbentuk, kemudian tarik napas dalam-dalam. Namun, simaklah durasinya supaya tidak memunculkan sensasi terbakar di wajah, ya!

2. Minum minuman hangat

Di samping mandi air hangat, minum minuman hangat pun membantu meredakan hidung tersumbat. Laman Everyday Health mempercayai bahwa cairan panas dapat meringankan hidung tersumbat.

Kamu dapat mengonsumsi teh atau jahe hangat sembari santap sup atau mie kuah. Di samping itu, anda juga dapat meminum air panas dengan gabungan madu dan lemon. Niscaya, masalah di hidungmu akan tidak banyak reda.

3. Konsumsi vitamin C lebih banyak

Sudah sejak lama vitamin C dengan khasiatnya yang melimpah. Termasuk dalam meredakan hidung tersumbat!

Scott P. Stringer, profesor dari University of Missisipi mengungkapkan bahwa vitamin C bisa mempersingkat durasi flu dan mengurangi fenomena hidung tersumbat, begitu tuturnya dari laman Everyday Health. Vitamin C ini dapat anda peroleh dari bahan alami laksana buah-buahan maupun dalam format suplemen.

4. Mengompres unsur hidung dengan air hangat

Kompres tak hanya berfungsi untuk meredakan demam, tetapi pun mengatasi hidung tersumbat, lho! Cukup taruh kompres dengan air hangat di dekat hidung, kemudian rasakan perbedaannya.

Sensasi hangat yang terasa di lokasi hidung bakal perlahan-lahan melegakan aliran darah dan membuatmu merasa lebih baik. Kita dapat menggunakan kain yang sudah direndam air hangat, kemudian peras dan tempelkan ke lokasi hidung.

5. Konsumsi makanan pedas

Sehabis santap pedas, gak jarang anda langsung berkeringat dan menerbitkan cairan dari hidung. Ternyata, efek tersebut juga berlaku guna meredakan hidung tersumbat!

Makanan pedas ialah cara alami guna membuka drainase hidung dan menciptakan lendir mengalir, ungkap laman Taste of Home. Senyawa dalam cabai, capsaicin, diandalkan mampu meringankan sinus, meminimalisir peradangan dan meredakan hidung tersumbat.

6. Menghirup minyak kayu putih

Aroma minyak kayu putih memang terasa menyengat, namun siapa sangka andai itu lumayan efektif guna meredakan hidung tersumbat? Cukup letakkan di bawah hidung kemudian hirup dengan lembut, maka aromanya bakal melonggarkan sinus.

Tak melulu minyak kayu putih, anda juga dapat pakai zat aromatik lain laksana mentol, minyak peppermint atau minyak eucalyptus. Coba deh!

7. Meletakkan bantal tambahan saat tidur

Posisi istirahat yang baik gak hanya dominan pada kualitas tidur. Tetapi pun mempunyai efek dalam meredakan hidung tersumbat.

Khusus saat hidung macet, letakkan bantal ekstra di kepala saat kita tidur. Bantal ekstra akan mengawal kepala kita tidak banyak tegak, sampai-sampai dapat menolong pernapasan ketika tidur. Daripada merasa sesak, jajaki deh praktikkan!

Nah, itulah 7 teknik sederhana yang dapat meredakan hidung tersumbat. Kalau anda sendiri, mana yang sangat berpengaruh?