Jalan-jalan ke Tanah Sumba, Ini 5 Bukit yang Wajib Disambangi

Jalan-jalan ke Tanah Sumba, Ini 5 Bukit yang Wajib Disambangi

Puncak4D TogelBerkunjung ke Sumba, Nusa Tenggara Timur, belum lengkap rasanya jika belum mengunjungi salah satu perbukitan yang ada.

Berbeda dengan spot lainnya yang dikenal karena panorama pantai dan lautnya, Sumba mendapat julukan Negeri Seribu Bukit.

Julukan tersebut diberikan karena Tanah Sumba memang memiliki banyak area perbukitan yang cantik memesona. Baik di musim kemarau maupun musim hujan, bukit-bukit di Sumba siap menawarkan pesona mereka sendiri.

Nah, bagi Anda yang ingin atau berniat liburan ke Sumba, yuk intip deretan perbukitan yang harus dikunjungi di sana.

1. Bukit Tenau

Wisata Bukit di Sumba (instagram.com/abdulfikarjafar)

Tak jauh dari pusat kota Waingapu, ada bukit Tenau yang dikenal tenang dan sejuk. Hijaunya kawasan perbukitan ini juga dijamin membuat betah.

Untuk mencapai Bukit Tenau sendiri, wisatawan harus menaiki motor dari pusat kota. Pasalnya, lokasi bukit ini masih susah dicari dan belum ada petunjuk jalan yang jelas.

2. Bukit Wairinding

Wisata Bukit di Sumba (instagram.com/eryradixa)

Masih di kota Waingapu, ada bukit Wairinding yang menawarkan panorama bukit sekaligus sabana membentang luas.

Bukit Wairinding merupakan salah satu bukit di Sumba yang pemandangannya dipengaruhi musim. Selain itu, bukit ini juga cocok digunakan untuk menonton sunset.

3. Bukit Tanarara

Bukit Tanarara, Sumba (instagram.com/kevineanda)

Bukit Tanarara terletak di Matawai La Pawu, Sumba Timur. Bukit ini memiliki tanah merah dan terbentuk dari bukit-bukit karang, namun dilapisi rumput hijau yang memesona.

Layaknya bukit Wairinding, bukit Tanarara juga dipengaruhi oleh musim. Jika pada musim hujan bukit ini diselimuti rumput hijau, musim kemarau akan mengubah bukit Tanarara menjadi kuning kecokelatan.

4. Bukit Persaudaraan

Wisata Bukit di Sumba (instagram.com/yolanda_auw)

Sedikit berbeda dari bukit-bukit lainnya, Bukit Persaudaraan di Sumba menawarkan pemandangan desa dan sawah dari ketinggian.

Tidak hanya melihat kehidupan penduduk Sumba yang menghampar di bawah bukit, wisatawan juga bisa melihat kelokan Sungai Kambaniru dari Bukit Persaudaraan ini.

5. Bukit Mondu

Wisata Bukit di Sumba (instagram.com/felgra_photography)

Terakhir, ada Bukit Mondu di Sumba Timur yang menyajikan pemandangan hamparan sabana, panorama desa, hingga jalan raya yang berbentuk mirip huruf S karena dilihat dari ketinggian.

Selain indah untuk berfoto-foto, Bukit Mondu juga merupakan spot yang cocok untuk mengejar sunrise dan sunset karena wisatawan bisa mendapat akses pemandangan 360 derajat.