Minuman Legendaris di Surabaya Wajib Coba

Minuman Legendaris di Surabaya Wajib Coba

dewatogel – Jika Anda mencari kota dengan banyak tempat wisata dan kuliner, Surabaya dapat jadi pilihan. Surabaya merupakan salah satu kota besar yang terdiri dari beragam suku dan etnis. Maka, tak heran jika kota ini mempunyai banyak keberagaman.

Keberagaman yang ada di Surabaya membuatnya mempunyai bermacam-macam makanan dan minuman. Bermacam-macam makanan dan minuman dijajakan dari mulai di pintu restauran hingga warung kaki lima.

Kali ini, Liputan6.com akan membahas minuman khas Surabaya yang legendaris. Bahkan sudah ada sejak zaman Belanda. Ingin tahu ada minuman apa saja? Simak ulasannya yang dikutip dari berbagai sumber, Minggu (12/1/2020):

1. Es Cokelat Tambah Umur Surabaya

Jika berbicara tentang panasnya kota Surabaya, maka penawarnya adalah minuman segar. Di Surabaya terdapat minuman legendaris, yaitu Es Cokelat Tambah Umur.

Mengutip dari instagram @surabaya_foodies, Es Cokelat Tambah Umur ini sudah ada sejak 1950. Es Cokelat Tambah Umur ini dapat Anda temui di Jalan Simokerto No. 49, Surabaya. Warung ini buka setiap hari pada pukul 08.30 – 16.00 WIB. Es Cokelat Tambah Umur mempunyai ciri khas dari segi rasa. Selain itu, es cokelat ini disajikan dengan roti sobek. Roti tersebut biasanya dicelupkan ke dalam es cokelat.

Penyajian dari Es Cokelat Tambah Usia ini juga sederhana, yaitu menggunakan cangkir kuping dari stainless steel. Mengutip dari humas.surabaya.go.id, penggunaan cangkir ini bertujuan agar es dapat dingin lebih lama dan rasanya tetap terjaga.

Bagi Anda penggemar cokelat, tak boleh sampai ketinggalan untuk mencoba es cokelat legendaris yang ada di Surabaya ini.

2.Es Dawet Kudus Cak Minto

2. Es Dawet Kudus Cak Minto

Di Surabaya, Anda akan menemukan banyak minuman dawet. Hal ini dikarenakan dawet merupakan minuman tradisional dari Jawa.

Namun, di Surabaya terdapat salah satu minuman dawet yang legendaris, yaitu Es Dawet Kudus Cak Minto. Mengutip dari instagram @surabaya_foodies, Es Dawet Kudus ini sangat terkenal. Es Dawet Kudus Cak Minto ini terletak di Jalan Mayjend Sungkono No.5, Sawunggaling, Wonokromo tepatnya setelah lampu merah dari arah Indragiri, Surabaya.

Es Dawet Kudus Cak Minto dijual dengan harga Rp 8.000 per gelasnya. Di dalamnya terdapat dawet yang dicampur dengan tape yang diberi serutan es dan krimer kental manis.

Mengutip dari laman web es-dawet-kudus-cak-minto.business.site, Es Dawet Kudus Cak Minto ini sudah ada sejak 1996. Banyak orang berdatangan ke warung ini, dari mulai warga Surabaya sampai wisatawan dari luar daerah.

3. Siropen Telasih

Berbicara minuman, maka sirup menjadi salah satu bagian yang tak boleh terlewatkan. Surabaya mempunyai sirup yang terkenal pada zaman kolonial Belanda, yaitu Siropen Telasih.

Siropen Telasih di Surabaya sudah berdiri sejak 1923. Bahkan, Siropen Telasih disebut-sebut sbeagai salah satu pabrik sirup pertama di Indonesia. Sirup ini diproduksi di Pabrik Limoen J.C Van Drongelen and Hellfach.

Siropen Telasih merupakan salah satu peninggalan Belanda yang masih ada sampai sekarang. Dulu, Siropen Telasih hanya bisa dinikmati oleh kalangan menengah ke atas, namun sekarang semua orang bisa menikmatinya.

Siropen Telasih biasanya disajikan di hotel, restoran, dan kafe yang ada di Surabaya. Namun, Anda bisa membeli Siropen Telasih ini untuk oleh-oleh.

Tagged :