Real Madrid: 10 Tembakan 0 yang Mengarah ke Gawang

Real Madrid: 10 Tembakan 0 yang Mengarah ke Gawang

 

Sultan4D Togel HK – Real Madrid membuat catatan yang luar biasa buruk ketika dihantam Paris Saint-Germain (PSG) dengan skor 0-3 di laga Liga Champions, Kamis (19/9/2019) dini hari WIB. Di laga tersebut, Madrid tak sekalipun menciptakan tembakan mengarah ke gawang.

Menariknya, Madrid menciptakan 10 tembakan di laga tersebut—lebih banyak ketimbang jumlah tembakan PSG (9). Meskipun begitu, PSG berhasil mengarahkan lima dari sembilan tembakan mereka ke gawang Thibaut Courtois. Tiga di antaranya berbuah gol.

View image on Twitter

Lantas, apa yang sebenarnya terjadi?

Yang pertama adalah kualitas peluang yang diciptakan oleh Madrid. Skuat asuhan Zinedine Zidane boleh jadi melepaskan 10 tembakan. Namun, kualitasnya dipertanyakan.

Pasalnya, rata-rata expected goals (xG) Madrid hanya berada di angka 0,7. xG, menurut pemaparan Opta, merupakan ukuran dari kualitas sebuah peluang, yang didasarkan oleh tipe operan, sudut tembakan, dan jarak tembakan. Dari situ, xG bisa mengindikasikan apakah tembakan yang diciptakan merupakan peluang emas atau bukan.

Di satu sisi, PSG berhasil mencatatkan rata-rata 2 xG di laga ini. Tak mengherankan apabila mereka berhasil mencetak tiga gol, kendati hanya melepaskan sembilan tembakan.

Yang kedua adalah minimnya kreativitas di tim Madrid. Ketiadaan pemain-pemain seperti Isco dan Luka Modric tentu menjadi salah satu faktornya.

Pemain-pemain yang diharapkan untuk menjadi kreator seperti Eden Hazard dan James Rodriguez kurang memuaskan. Tak begitu aneh, mengingat keduanya baru saja sembuh dari cedera.

Minimnya kreativitas itu sedikit banyak memaksa Madrid melepas tembakan dari jarak jauh. Kembali menurut Whoscored, 60% dari total tembakan Madrid dilepas dari luar kotak penalti. Sementara, PSG melepaskan 78% dari total tembakan mereka di dalam kotak penalti. Mengacu kepada parameter xG yang disampaikan Opta, jarak tembakan ini menjelaskan mengapa Madrid gagal mencatatkan tembakan yang mengarah ke gawang.

Tentu saja, penampilan PSG yang solid berperan di sini. Keberadaan seorang bek tengah, Marquinhos, di pos gelandang bertahan mempertebal pertahanan Les Parisiens.Namun, bila ada satu pemain yang paling menonjol, ia adalah Idrissa Gueye.

Idrissa Gueye’s game by numbers vs. Real Madrid:

100% take-ons completed
93% pass accuracy
90 touches
74 passes
6 recoveries
4 tackles made
3 chances created
3 take-ons
2 fouls won
2 interceptions

View image on Twitter

Gueye menjadi pemain yang paling aktif melakukan tekel di antara rekan setimnya. Total, empat tekel dibuat oleh eks pemain Everton itu. Ia juga mampu membuat dua intersep.

Gueye melengkapi performanya dengan catatan 100% dribel sukses, 74 operan, plus satu assist. Keberadaannya membuat lini tengah Madrid terpecah, dan gagal memberikan suplai yang memuaskan untuk lini depan.