Ronald Koeman: Melatih Barcelona Adalah Suatu Kemungkinan

Ronald Koeman: Melatih Barcelona Adalah Suatu Kemungkinan

Sultan4D Hongkong Pools – Posisi Ernesto Valverde sebagai pelatih Barcelona sedang dalam desakan besar. Musim ini dapat saja menjadi musim terakhirnya tangani klub asal Catalan itu. Hal ini menyusul strategi bermainnya yang tidak menggambarkan Barcelona sebagai klub raksasa.

Sebuah sinyal calon penggantinya pun hadir dalam diri Ronald Koeman. Ia mengungkapkan andai dirinya dapat saja menjadi pelatih baru Barcelona selanjutnya. Berikut ulasannya.

1. Sebuah kemungkinan

Saat ini Ronald Koeman berstatus sebagai pelatih timnas Belanda. Ia ditunjuk pada 2018 kemudian usai kesebelasan Oranje tidak berhasil lolos ke Piala Dunia 2018. Kini di bawah asuhannya, Belanda pulang bangkit dan berkembang pesat usai menjadi finalis UEFA Nations League.

Akhir-akhir ini dia menyatakan mempunyai klausul eksklusif untuk dapat melatih Barcelona pada tahun 2020 nanti. Tetapi dia menegaskan andai pun dia akan mengajar Blaugrana, tersebut baru bakal terjadi usai gelaran Euro 2020.

“Bergabung dengan [Barcelona] ialah suatu kemungkinan. Tetapi melulu setelah Euro 2020,” kata Koeman. “Tidak terdapat tim beda yang dapat membuat saya meninggalkan Belanda kecuali Barcelona.”

2. Selangkah lagi membawa Belanda lolos ke Euro 2020

Saat ini konsentrasi Ronald Koeman ialah membawa timnas Belanda lolos ke Euro 2020. Belanda sedang di grup yang lumayan sulit bareng Jerman, Irlandia Utara, Belarusia dan Estonia. Saat ini mereka puncaki grup C dengan 15 poin, jumlah yang sama dengan Jerman.

Akan namun posisi mereka belum aman sebab masih memungkinkan untuk diburu Irlandia Utara yang kumpulkan 12 poin. Dua laga terakhir bakal menjadi penentu kelolosan Belanda. Laga penentuan bakal dihadapi melawan tuan lokasi tinggal Irlandia Utara (17/11) sebelum laga terakhir menghadapi Estonia (20/11).

3. Pernah membela Barcelona

Sebelum menjadi pelatih, Ronald Koeman pernah bermain guna Barcelona sekitar enam musim dari medio 1989 sampai 1995. Selama tersebut dia dapat memberikan empat gelar La Liga, satu trofi Liga Champions dan satu Copa del Rey.

Ia lantas gantung sepatu padatahun 1997 dan setahun lantas kembali ke Barcelona sebagai asisten pelatih Louis Van Gaal. Saat tersebut duet keduanya sukses persembahkan trofi La Liga 1998/1999.

4. Calon pelatih Barcelona lainnya

Di samping Ronald Koeman, hadir juga sejumlah nama yang dikaitkan sebagai calon pengganti Ernesto Valverde. Salah satu nama yang muncul ialah sang mantan, Pep Guardiola yang ketika ini mengajar Manchester City.

Nama lainnya ialah pelatih River Plate, Marcelo Gallardo yang sukses persembahkan dua Coppa Libertadores. Tiga nama pelatih ini mempunyai pengalaman yang impresif dalam level klub. Siapakah yang mempunyai kans lebih kuat?

5. Karier mengajar klub

Usai menjadi asisten pelatih Van Gaal di Barcelona sekitar dua musim, Koeman mengawali karir melatihnya bareng Vitesse sebelum bergabung dengan Ajax pada tahun 2001. Empat musim di bawah arahannya, Ajax sukses meraih dua trofi Eredivisi.

Satu gelar Liga Belanda juga sukses ia persembahkan saat mengajar PSV Eindhoven pada musim 2006/2007. Koeman pun pernah menjalani karir di La Liga sebagai pelatih Valencia dan di Liga Portugal bareng Benfica.

Tak melulu itu, ia pun pernah mengajar dua kesebelasan asal Liga Inggris, Southampton dan Everton walau akhirnya mesti dipecat The Toffies pada 2017.